Monday, January 18, 2016

PT Pakuwon Jati Tbk Dominasi Pasar Apartemen di Surabaya


Berhasil menuntaskan tiga proyek apartemen sepanjang tahun 2015 kemarin telah menjadikan PT Pakuwon Jati Tbk (Pakuwon) sebagai pengembang terkemuka yang mendominasi  pasar apartemen di Surabaya.

Ketiga proyek apartemen yang dibangun oleh perusahaan pengembang milik Alexander Tedja ini selama tahun 2015 adalah apartemen Tanglin Mansiona yang berlokasi di Surabaya Barat dengan kapasitas 940 unit, apartemen Orchard Mansion di Surabaya Barat berkapasitas 940 unit dan Educity Apartment (Yale dan Princeton Tower) yang berlokasi di Surabaya Timur dengan kapasitas 1.818 unit.

Artinya, pengembang dengan kapitalisasi pasar Rp 22,6 triliun ini menguasai pasar apartemen di Surabaya sebanyak 3.698 unit atau sebesar 79,39 persen dari jumlah total apartemen tersedia sebanyak 4.658 unit.

Selain Pakuwon, berdasarkan informasi dari Colliers International Indonesia, pasokan unit apartemen lainnya di ibu kota Jawa Timur ini dipersembahkan oleh pengembang Dian Istana Group  melalui apartemen Marvell City yang berlokasi di Surabaya Timur dengan kapasitas 360 unit serta pengembang Guna Wangsa Kreasindo Group yang membangun Tower A Gunawangsa MERR di Surabaya Timur dengan kapasitas 600 unit.

Masih menurut Colliers International Indonesia, untuk proyek pengembangan apartemen yang baru dimulai pada semester kedua tahun 2015 di Surabaya tercatat sebanyak tujuh proyek yang akan menyumbangkan total 4.150 unit apartemen.

Ketujuh proyek apartemen yang sedang berjalan pembangunannya tersebut adalah Tower C dan D apartemen Bale Hinggil yang dikembangkan oleh PT Tlatah Gema Anugerah dengan kapasitas 900 unit dan apartemen Grand Dharmahusada Lagoon (North East Tower) yang dikembangkan oleh PT PP Properti Tbk dengan kapasitas 840 unit. Kedua apartemen ini berlokasi di Surabaya Timur.

Selanjutnya ada apartemen BeSS Mansion yang dikembangkan oleh PT Mandiri Sukses Sejahtera berkapasitas 723 unit dan apartemen Madison Avenue oleh PT Kertabakti Raharja dengan kapasitas 800 unit. Keduanya berlokasi di Surabaya Selatan.

Kemudian di Surabaya Barat  ada apartemen Graha Golf (2 menara) yang dikembangkan oleh PT Intiland Development Tbk dengan kapasitas 158 unit, apartemen Darmo Hill (Rosewood Tower) oleh PT Lamicitra Nusantara berkapasitas 500 unit dan apartemen dan The Rosebay Graha Family oleh PT Intiland Development Tbk dengan kapasitas 229 unit.

No comments: