Tuesday, August 4, 2015

The City Tower Jakarta, Tahan Hingga 500 Tahun Gempa


Gedung The City Tower merupakan salah satu gedung yang berdiri kokoh di area central business district (CBD) Thamrin, Jakarta.  Gedung ini berbentuk asimetri, ramping serta memiliki komposisi dinamis dan mengadopsi bentuk nautilus.  Puncaknya bermahkotakan baja spiral setinggi 30 meter.

Gedung yang terletak tepatnya di Jalan MH Thamrin nomro 81, Jakarta Pusat ini merupakan hasil rancangan biro arsitek yang berbasis di Singapura yaitu DP Architects. Biro ini sudah terbiasa bekerjasama atau ditunjuk oleh pengembang-pengembang properti besar di Indonesia seperti Lippo Group dan KG Global Development dan telah memiliki sejumlah portfolio gedung pencakar langit di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

DP Architects biasanya menggandeng biro arsitek lokal dalam merancang properti-properti tersebut. Khusus untuk rancangan gedung The City Tower milik PT Kencana Graha Mandiri, anak usaha KG Global Development, DP Architects mengajak Arkonin Jakarta untuk berkolaborasi.
The City Tower dibangun setinggi 33 lantai, memiliki total luas bangunan 72.399,70 meter persegi, dilengkapi area parkir bawah tanah sebanyak 5 lantai.

Gedung yang dibangun dengan menghabiskan biaya sekita 650 miliar rupiah ini dirancang dengan struktur yang tahan gempa dimana gedung ini mampu menahan hingga 500 tahun gempa dengan percepatan tanah puncak 0.230 g.

No comments: