Tuesday, August 4, 2015

Tingkat Penjualan Apartemen Merosot di Kuartal Kedua Tahun 2015

Sampai akhir tahun 2015 diperkirakan tidak akan terjadi lonjakan yang signifikan terhadap harga rata-rata kondominium dan apartemen strata di kawasan Jakarta dan sekitarnya.  Harga rerata kondominium di kawasan Jakarta yang saat ini berada di level 22,9 juta rupiah per meter persegi,  menurut prediksi Leads Property Indonesia hanya akan mengalami kenaikan dalam kisaran 5 hingga 8 persen. Sementara untuk pasokan eksisting kondominium hingga akhir 2015 diperkirakan akan mencapai 155.889 unit atau mengalami kenaikan sebesar 20.2 persen dibanding kuartal kedua.

Pada kuartal kedua telah terjadi penambahan pasokan kondominium secara kumulatif dari beberapa proyek yang ada, khususnya di kawasan Jakarta Selatan yaitu sebanyak 9.100 unit.  Terjadi peningkatan yang signifikan dibandingkan kuartal sebelumnya. Akibatnya terjadi penurunan tingkat penjualan hingga 2,5 persen.

Menurut Hendra Hartono, CEO Leads Property Indonesia, seperti disampaikan kepada Kompas.com, Rabu (29/7/2015), bahwa diprediksikan tingkat penjualan secara keseluruhan hingga akhir 2015 akan mencapai kisaran 91 sampai 92 persen.

Sebelumnya Cushman & Wakefield Indonesia telah memaparkan mengenai indikasi pertumbuhan moderat kondominium. Berdasarkan hasil riset mereka bahkan menunjukkan bahwa seluruh aktivitas penjualan, pra penjualan, maupun tingkat hunian kondominium, semuanya mengalami penurunan dimana kinerja negatif ini sudah mulai terjadi dari awal tahun hingga akhir bulan Juni 2015.

Terjadinya penurunan aktivitas ini dikarenakan para pembeli lebih memilih untuk menunggu kepastian kondisi ekonomi sebelum memutuskan untuk membeli unit apartemen. Seperti kita ketahui bahwa pertumbuhan ekonomi tidak lebih dari 5 persen sementara pasar saham juga terjadi penurunan 6,7 persen per tanggal 25 Juni 2015 dan nilai tukar rupiah juga tidak sama baiknya mengalami depresiasi 2,3 persen menjadi 13.265 rupiah per 1 USD.

Penurunan tingkat penjualan apartemen menurun menjadi  97,7 persen di kuartal kedua tahun 2015, merosot 0,1 persen dari kuartal sebelumnya sementara tingkat hunian juga merosot menjadi 59,9 persen atau anjlok 3,8 persen dibanding kuartal sebelumnya.


No comments: