Wednesday, August 6, 2014

Perbedaan IP Camera dengan Webcam

IP Cam atau IP Camera merupakan singkatan dari Internet Protocol Camera, mungkin istilah ini sendiri akan memunculkan bayangan sebuah perangkat yang digunakan untuk video call di komputer ataupun laptop.
IP Cam sendiri sebenarnya teknologi terkini dari webcam, fungsinya juga tidak berbeda jauh untuk mengambil gambar. Namun IP Cam fungsinya lebih spesifik, yaitu digunakan sebagai kamera pengawas atau CCTV. Karena ditujukan sebagao kamera pengawas maka IP Cam dapat terus beroperasi walaupun tidak terhubung dengan perangkat lain seperti komputer dan laptop, hal inilah yang menjadi perbedaan antara IP Camera dengan Web Camera.
Selain itu, tidak seperti web cam yang hanya dapat diandalkan untuk merekam dan mengambil foto, IP Camera juga dilengkapi berbagai sensor seperti audio, suhu dan cahaya.
Jika terbiasa menggunakan CCTV, Anda bisa melihat gambar dimonitor walaupun ruangan disekeliling CCTV gelap. Hal yang sama juga Anda dapatkan ketika menggunakan IP Camera, Anda tetap dapat menyaksikan keadaan ruangan walaupun dalam keadaan tidak ada cahaya. Hal ini disebabkan, IP Camera dibenamkan oleh sejumlah InfraRed (IR) agar internet protocol camera ini tetap dapat mengambil gambar walau gelap.
Selain ada sensor cahaya sehingga mampu mengambil gambar dalam gelap, CCTV Digital atau dikenal dengan sebutan IP Camera juga dibenamkan sensor audio atau suara. Sensor audio ini sendiri dimungkinkan karena kebanyakan IP Camera dilengkapi dengan Microphone yang sensitivitasnya dapat diatur sesuai keinginan pengguna.
Microphone ini juga dapat melengkapi rekaman gambar yang diambil oleh CCTV, karena pada CCTV analog / konvensional biasanya rekaman CCTV hanya berisi gambar saja namun dengan hadir microphone maka audio dan visual dihadirkan pada hasil rekaman CCTV.
Sensor Suhu adalah hal yang menjadi pembeda mendasar antara IP Camera atau CCTV Digital dengan Web Camera. Memang sensor suhu ini tidak tersedia pada semua IP Camera di pasaran, namun sensor suhu selalu hadir pada model-model terbaru di IP Camera. Hal yang menjadi kebutuhan akan adanya sensor suhu adalah karena sensor suhu ini dapat menginformasikan firesystem atau sistem pemadam kebakaran untuk aktif memadamkan api ketika suhu ruangan tiba-tiba panas karena kebakaran.
Hal ini dikarenakan, jika hanya mengandalkan sensor asap akan terjadi kerancuan ketika orang yang diruangan menghisap rokok atau pemilik ruangan sedang membakar sampah namun asapnya tertiup angin hingga masuk ke dalam ruangan.
Kini Anda telah mengetahui apa saja perbedaan antara IP Camera dengan Webcam,apakah setelah membaca ini Anda semakin tertarik dengan IP Camera dengan berbagai macam sensornya? Jika benar, silakan mengunjungi situs jual kamera cctv untuk mengetahui berbagai spesifikasi kamera CCTV Digital / IP Camera yang ada dipasaran.

No comments: