Monday, May 12, 2014

Tips Membangun Pagar Rumah Hunian Anda

Dalam menciptakan rumah yang nyaman dan memiliki nilai keindahan pada setiap detailnya, sebaiknya anda juga harus memperhatikan tiggi pagar rumah anda. Tidak adanya aturan resmi yang mengatur tinggi pagar rumah, hal itu menyebabkan banyak orang bingung menentukan tinggi pagar rumah yang ideal. Dalam menentukan tinggi pagar ideal, sebenarnya ada beberapa faktor yang ikut berpengaruh dalam menentukan tinggi pagar rumah ideal. Sebelum membangun pagar rumah, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu regulasi yang dibuat pemerintah atau pengembang mengenai pagar rumah yang diizinkan. Adakah aturan jelas yang mengatur tinggi pagar rumah ideal.

Sebenarnya, tinggi pagar rumah ideal harus disesuaikan dengan kebutuhan anda, untuk anda yang membangun pagar dengan tujuan melindungi area private di rumah, tinggi pagar yang ideal untuk rumah anda hendaknya lebih tinggi dari rta-rata orang dewasa, yakni sekitar 1,8 meter. Bagi anda yang ingin mencegah penyusup masuk ke dalam rumah, tinggi pagar rumah ideal berkisar 1.8 – 2.5 meter. Agar lebih aman, banyak orang menambahkan material tajam, antara lain pecahan beling, paku, dan sebagainya pada bagian kepala pagar.

Selain faktor ketinggian pagar, faktor ketebalan pagar juga ikut berpengaruh dalam menciptakan konsep pagar rumah ideal. Ketebalan pada pagar sangat membantu anda meminimalisir kebisingan suara di area depan rumah, disarankan sebaiknya pagar rumah dibuat dengan ketebalan minimal 10 cm dan ketinggian berkisar 1.8 – 2 meter.

Sebagai saran, untuk Anda yang tinggal di lingkungan klaster, Anda bisa menggunakan pagar dengan ketinggian 0.9 – 1.2 meter atau hanya setinggi pinggang orang dewasa. Andi Wahyudi, arsitek dari ArchDESIGN punya ukuran yang jelas mengenai tinggi pagar rumah ideal.

"Tinggi pagar sebaiknya tidak lebih dari 1,5m. Paling ideal 1,2m," ujarnya.

Jika lebar rumah kurang dari 8m sebaiknya menggunakan tinggi 1,2m, sedangkan jika lebar rumah di atas 8m, bisa menggunakan ketinggian 1,5m. Menurut Andi, ukuran pagar itu sudah cukup untuk memberi keamanan pada rumah dan memberi kenyamanan visual hingga wajah rumah masih dapat dinikmati.


No comments: