Thursday, May 22, 2014

Beberapa Tips Ciptakan Hunian Sejuk dengan Harga Relatif Terjangkau

Terkadang kita seringkali berasumsi bahwa tidak mungkin untuk membuat hunian lebih sejuk tanpa adanya pendingin ruangan atau AC. Padahal, dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar lingkungan, hunian kita sebenarnya kaan lebih sejuk dengan cara alami, tentu tanpa merogoh kocek terlalu dalam. Oke, untuk itu, berikut beberapa ringkasan singkat tentang membuat hunian sejuk tanpa AC.

*Sirkulasi Udara panas yang sedikit 
Hal mendasar yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesejukan udara hunian tanpa AC ialah menjaga agar tidak terlalu banyak sinar matahari yang masuk dan membuat udara sejuk masuk saat malam hari. Untuk itu, disarankan untuk menutup atau buka sedikit jendela, tirai, atau apa saja yang bisa digunakan untuk menghalau sinar matahari masuk, terutama sisi timur dan barat.

*Jendela
Gunakanlah jendela berwarna cerah atau putih sehingga inar matahari terpantul keluar hunian. Anda bisa juga menggunakan lapisan pemantul ke jendela untuk mengurangi sinar matahari yang masuk. Di malam hari, biarkan saja hunian Anda terhubung dengan udara luar jika memungkinkan tanpa harus mempertaruhkan risiko keamanan, karena menutup jendela sebagai jalan keluar ke udara bebas akan membatasi sirkulasi udara dan menyimpan panas dalam hunian.

*Gunakanlah Kipas Angin
Penggunaan kipas angin untuk menggerakan sirkulasi udara yang diam mungkin juga bisa menjadi salah satu alternatif lain sebagai pengganti AC. Dengan menggunakan kipas angin, tentu akan mengeluarkan kocek yang lebih sedikit ketimbang menggunakan AC.

*Kelembaban
Kelembaban pada ruangan akan membuat hunian terasa lebih panas dan pengap.Upayakan agar dapat meminimalisir tingat kelembaban pada ruangan.

Itulah beberapa tips yang sekiranya mudah-mudahan dapat membantu anda dalam menciptakan hunian yang sejuk dengan harga yang efisien.

No comments: