Saturday, May 31, 2014

Kawasan Gelora Bung Karno Menjadi Incaran Para Investor

Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) dan sekitarnya, di Senayan, Jakarta, merupakan kawasan yang strategis dan tengah menjadi sentral tunjuan masyarakat jakarta pada umumnya. Kawasan ini sudah lama diincar oleh para pengembang untuk dibangun menjadi properti komersial. Intensitas pembangunan semakin giat ketika GBK dikelola oleh Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPK GBK) dan GBK menjadi salah satu Badan Layanan Umum (BLU) sejak 2008 melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor 233/2008.

Tentu kita menyadari, saati ini di dalam dan sekitar area GBK sudah berdiri sejumlah properti komersial mulai dari hotel, apartemen, gedung serbaguna, hingga pusat belanja. Sebut saja Sultan Hotel and Residence, Jakarta Convention Center, Hotel Mulia, Plaza FX, Hotel Atlet Century, Plaza Senayan, Perkantoran Sentral Senayan dan Apartemen Senayan. Sementara yang sedang dikembangkan di dalam area GBK adalah Gateway Park Senayan. Proyek properti komersial ini merupakan ruang ritel dengan konsep gaya hidup dan hobi. Bangunan terdiri atas tiga lantai yang berisi kios-kios khusus untuk peritel sektor otomotif dan kafe. Menyusul kemudian Lot 6 Senayan.

Wah, semakin banyak saja bagunan properti komersial yang ada di kawasan GBK. Namun, apasih sebenarnya yang membuat kawasan GBK menarik dan menggoda swasta menanamkan investasinya dengan membangun properti komersial?

Menurut pengamat perkotaan Universitas Trisakti, Yayat Supriatna, kawasan GBK diincar karena lokasinya sangat strategis dan dilintasi jaringan transportasi. Selain itu, aksesilbilitasnya mudah ditempuh dari berbagai penjuru kota. "Kawasan GBK juga dekat dengan pusat pemerintahan, dan pusat bisnis terpadu (central business district/CBD) Sudirman-Kuningan-Thamrin. Tak mengherankan kawasan GBK menggoda pihak swasta untuk merambahnya. Meskipun harga lahan di sekitarnya dipatok tinggi sekitar Rp 60 juta hingga Rp 70 juta per meter persegi, tak masalah buat pengembang," ujar Yayat kepada Kompas.com, Jumat (30/5/2014).

Jadi hal itulah yang mendorong para investor untuk membangun properti komersial di kawasan GBK. Apakah anda tertarik untuk berinvestasi di kawasan ini?

No comments: