Wednesday, July 16, 2014

Memilih Baju Menyusui yang Tepat

Baju Menyusui membuat ibu tetap terasa nyaman
dan tidak malu ketika harus memberikan ASI di tempat umum

Memilih Baju Menyusui yang Tepat 

Baju menyusui adalah pakaian yang didesain khusus untuk membantu sang ibu menyusui buah hati. Tidak seperti pakaian biasa, baju menyusui ini akan mengusung berbagai inovasi agar proses membuka pakaian ketika ingin menyusui tidak membuat sang ibu malu dilihat orang.

Jika sang ibu menggunakan pakaian biasa maka perlu untuk menyingsingkan baju terlebih dahulu ke atas lalu membuka bra. Tidak sampai disitu, biasanya ibu juga perlu mencari tempat yang aman (seperti toilet) agar saat menyusui tidak dilihat orang-orang. Repot memang.

Beruntunglah Anda saat ini hidup di jaman modern, segala macam produk yang mampu menjawab permasalahan sehari-hari dapat mudah ditemukan dan terlebih harganya bersaing. Tidak terkecuali dengan produk baju menyusui yang saat ini mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional.

Namun Anda sebaiknya berhati-hati pada produk baju menyusui yang tidak berkualitas, seperti yang menggunakan bahan yang mudah robek, resleting untuk buka tutup payudara yang gampang rusak, serta bahan yang membuat ibu hamil gerah atau merasa gatal.

Nah artikel ini akan berusaha menjawab permasalahan Anda dengan maksud memilih baju menyusui yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Berikut ini tips memilih baju menyusui yang tepat :

1. Perhatikan Sistem Buka-Tutup dalam Baju Menyusui

Baju menyusui biasanya menggunakan sistem buka – tutup agar mudah saat menyusui, namun diharapkan ibu harus jeli memilih sistem buka tutup yang tepat agar tidak menimbulkan masalah ketika menggunakannya di luar ruangan.

Sebagai contoh, penggunaan resleting yang tidak bagus untuk membuka dan menutup buah dada akan menimbulkan kesulitan (resleting macet). Jadi perhatikanlah resletingnya lalu cobalah beberapa kali untuk buka tutup resleting apakah mudah atau sebaliknya.

Selain menggunakan sistem buka tutup resleting, ada juga sistem dengan menarik kain kearah bawah, sistem ini sendiri juga punya kelemahan terutama yang mempunyai ukuran payudara besar karena memicu terjadinya sobek saat digunakan. Maka dari itu perhatikanlah kualitas bahan dan jahitan di kain tersebut, apakah kuat?

2. Pilihlah Bahan yang Tepat sesuai Badan Anda.

Sebelumnya masalah bahan kita sudah singgung sebelumnya, namun ada beberapa catatan penting yang perlu kita perhatikan. Ada hukum alam bahwa menggunakan baju menyusui yang agak tebal dapat memicu panas atau ‘gerah’, sebaliknya jika menggunakan baju yang tipis memicu rusaknya bahan saat digunakan.

Nah untuk menyelesaikan kedua masalah tersebut, kini ada solusi baju menyusui yang menggunakan bahan kuat namun tetap terasa dingin/adem digunakan. Bahan baju tersebut biasanya menggunakan katun, kaos, atau Linen. Bahan ini lebih direkomendasikan untuk dipilih karena nyaman digunakan, mampu menyerap keringat, serta tidak menyebabkan gatal pada kulit ibu.

3. Cermati Ukuran Tubuh Anda

Kebanyakan wanita akan membeli baju menyusui saat dirinya tengah hamil. Mereka berusaha mencocokkan ukuran tubuhnya saat hamil untuk membeli baju menyusui yang sesuai. Mereka lupa bahwa ukuran tubuh saat hamil tidaklah mutlak, karena wanita akan terus mengalami perubahan bentuk tubuh dan ukuran perut saat hamil.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya memilih baju yang ukurannya dua atau tiga tingkat lebih besar dari ukuran normal tubuh Anda. Umumnya trik ini cukup jitu bagi ibu-ibu. Karena banyak komentar bahwa dengan menerapkan trik ini, wanita tidak perlu lagi boros dengan membeli lagi baju menyusui karena salah ukuran.

Jika sedikit hemat lagi, Anda tidak perlu membeli baju menyusui saat santai atau jalan-jalan. Cukup gunakan pakaian suami yang ukurannya besar-besar. Pilihlah baju-baju suami seperti kaos, T-Shirt yang berukuran ideal dengan tubuh Anda saat menyusui.


4. Seleksi Model Baju

Walau perut sedang membuncit atau sedang menyusui anak, wanita akan selalu memperhatikan penampilan tubuhnya. Mereka harus tampil pe-de karena tidak ingin terlihat sebagai ibu-ibu yang old fashion.

Untuk masalah ini, Anda bisa memilih baju yang benar-benar Anda sukai. Perkaya juga dengan aksesoris cantik yang dapat digunakan ketika menyusui namun tidak mengganggu buah hati. Disini perlu adanya kerjasama dengan suami, agar suami mau memberikan support berupa dukungan finansial yang memadai agar isteri Anda tetap terlihat senang dan percaya diri ketika menyusui buah hati Anda.

Itulah beberapa tips jitu untuk memilih baju menyusui yang tepat, mudah-mudahan bermanfaat bagi ibu di Seluruh Indonesia agar bisa tampil maksimal walaupun sedang menyusui sang buah hati.

No comments: