Saturday, June 28, 2014

Faisal Basri : Ingin Indonesia Menerima Investasi Asing di Sektor Properti

Faisal Basri mendukung apabila Indonesia memperbolehkan investor asing memiliki properti di Indonesia

Faisal Basri salah satu pengamat ekonomi Indonesia mengungkapkan akan memberikan dukungan kepada Indonesia apabila regulasi tentang investasi asing bisa diperlonggar. Faisal menilai bahwa dengan diperbolehkannya asing memiliki properti di Indonesia akan berdampak pada bertumbuhnya sektor properti di Indonesia. 

"Menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN, kita harus membuka kesempatan bagi kepemilikan asing. Kita harus mengizinkan pihak asing untuk masuk ke Indonesia," ujarnya dalam Seminar Nasional Realestate Indonesia (REI) di Hotel Pullman, Jakarta, Rabu (25/6/2014).

Dia juga mengungkapkan alasan kenapa Indonesia harus memperlonggar regulasi tentang izin masuk investasi di Indonesia, faisal melihat sektor properti di Singapura berkembang secara sehat karena diperbolehkannya orang luar memiliki properti di Singapura.

"Jadi di Singapura, dipersilahkan orang Indonesia banyak beli properti di sana. Kita juga harus mengizinkan orang asing beli properti disini. Supaya pasar kita lebih sehat," katanya.

Tidak sampai disitu, Faisal juga mengakui bahwa dengan masuknya MEA 2015 nanti, kebutuhan hunian di dalam negeri diyakini akan semakin meningkat terutama untuk rumah, apartemen dan perkantoran sebab masyarakat-masyarakat negara ASEAN akan diperbolehkan berkunjung di Indonesia dengan bebas.

"Nanti pada saat itu, pasar properti Indonesia akan semakin besar. Toh lahan dan propertinya tidak bisa mereka bawa pulang ke negaranya," tandas dia.

No comments: